Cara Membuat Bootable Flashdisk


Apa itu 'Flashdisk Bootable' ? Mungkin sebagian orang masih belum tau atau belum paham apa itu bootable Flashdik dan fungsinya, singkatnya bootable adalah sebuah media yang dapat digunakan untuk menginstal windows ataupun OS lainnya baik berupa flasdisk, CD, Kaset, ataupun media lainnya. Jadi flashdisk bootable adalah flashdisk yang berisi file instalan windows yang dapat digunakan untuk menginstall OS. Lalu apa bedanya dengan flashdisk biasa? Tentu beda, karena saat kita menginstall OS kita akan mengganti 1st boot device menjadi flashdisk, dan bootable flashdisk berjalan tanpa memerlukan harddisk sehingga dapat melakukan pertukaran data yang memungkinkan penginstalan OS kedalam harddisk.
(Sumber : Google Image)

Lalu bagaimana cara membuat bootable flashdisk? Tenang kali ini admin akan share bagaimana caranya membuat bootable flashdisk dengan mudah. Ikuti langkah-langkahnya!

Pertama siapkan flashdisk kosong dengan kapasitas minimal 8gb

Menggunakan Software Rufus (Cara mudah)
1. Download Rufus v.2.18 Disini | Mirror 
2. Tancapkan flashdisk kalian
3. Setelah di tancapkan, maka Rufus akan mendeteksinya secara otomatis

4. Kemudian pilih Create a bootable disk using  lalu pilih ISO Image
(Sumber : Google Image) Contoh ISO Image Windows
5. Setelah dipilih, maka otomatis nama/label flasdisk kalian akan terganti sesuai dengan nama ISO Image yang kalian pilih tadi.

6. Kemudian Klik start, maka akan muncul notifikasi bahwa proses ini akan menghapus semua data yang ada di dalam flashdisk kalian.

7. Tunggu sampai prosesnya selesai
8. Selamat kalian telah berhasil membuat bootable flashdisk menggunakan software Rufus!

Itulah cara termudah membuat bootable flashdisk menggunakan bantuan software Rufus. Mungkin di post selanjutnya admin akan share 'bagaimana  cara membuat bootable flashdisk tanpa software apapun'


Binggung? Tutorial Download Disini

PASSWORD WINRAR Disini

0 Response to "Cara Membuat Bootable Flashdisk"

Posting Komentar